Pendidikan tinggi saat ini sudah berkembang, khususnya pendidikan di Program Studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Terutama ketika kurikulum pendidikan tinggi berbasis KKNI. Dalam pembelajaran KKNI, kegiatan belajar mengajar tidak selalu terikat di dalam kelas. Untuk itu pada hari Sabtu, 12 November 2016 Program Studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Darussalam Gontor melaksanakan workshop E-learning bagi dosen untuk membantu proses belajar-mengajar. Workshop ini dipandu oleh Ust. Lalu Ganda, dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Darussalam Gontor.
img-20161112-wa0007
E-Learning merupakan singkatan dari Electronic Learning. E-Learning adalah suatu sistem pembelajaran yang menggunakan teknologi komputer dan tentunya internet sebagai sarana pembelajaran. Terdapat berbagai aplikasi untuk mendukung e-learning. Salah satu aplikasi yang digunakan Program Studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah Schoology. Schoology dipilih dari berbagai pilihan aplikasi e-learning karena memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan Schoology adalah memiliki konsep Learning Management System yang digabungkan dengan Social Networking. Kelebihan lain Schoology adalah tersedianya fasilitas Attandance/absensi, dan juga fasilitas Analityc untuk melihat semua aktivitas peserta didik pada setiap course, assignment, discussion. Schoology juga menyediakan fasilitas untuk mengelola nilai. Schoology bisa diakses melalui mobile device secara gratis. Schoology ini sangatlah lengkap dengan berbagai alat pembelajaran, sama seperti di kelas dalam dunia nyata, mulai dari absensi, tes dan kuis hingga kotak untuk mengumpulkan Pekerjaan Rumah. NIlai plus lainnya, Schoology menawarkan jejaring lintas sekolah, yang memungkin sekolah berkolaborasi dengan berbagi data, kelompok dan juga diskusi kelas.
img-20161112-wa0017
Adanya E-learning, mahasiswa dapat mengakses berbagai pelajaran yang diajarkan oleh dosen, dengan suasana yang lebih nyaman. E-learning merupakan solusi pengembangan pendidikan di masa kini agar tidak menimbulkan kejenuhan dalam proses belajar mengajar.

 

2 Comments

  1. pajak November 18, 2016 at 2:22 pm

    semoga universitas gontor semakin maju dan bisa memberi manfaat untuk negara indonesia

     
    • Program Studi D4 K3 Desember 3, 2016 at 5:21 am

      Terima kasih atas doa dan respon baik anda. ūüôā

       

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *