Mata…..adalah bagian tubuh yang sangat memiliki peran penting dalam kehidupan.

Dengan Mata semua orang mampu melakukan aktifitas dengan lancar dan baik serta mampu melihat segala hal yang ada di dunia ini dengan sangat

Mata adalah suatu anugerah yang tidak dapat diukur dengan materi atau apapun itu, karena mata adalah pemberiaan Yang Maha Kuasa yang sangat berarti bagi manusia. Untuk itu kita wajib menjaga kesehatan mata kita dengan baik.

Berhubungan dengan aktifitas manusia yang saat ini dengan adanya teknologi yang sangat canggih, maka tidak dapat dihindari aktifitas bekerja pun selalu menggunakan laptop maupun media handphone dan sejenisnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa alat-alat tersebut memiliki sinar cahaya yang sangat terang dan sangat dekat penggunaannya dengan mata kita saat bekerja. Kebiasaan tersebut bisa jadi terjadi dalam waktu setiap hari bahwa dalam jangka yang lama hingga bertahun-tahun.

Pancaran Radiasi gelombang elektromagnetik dari layar  laptop , computer maupun handphone dan sejenisnya tentu memiliki efek yang negative bagi kesehatan mata kita, selain mata juga dapat menyebabkan sakit kepala / pusing, sakit leher dan pinggang, bahu pegal . Untuk itu kita harus memiliki strategi agar anggota tubuh kita khususnya yaitu mata, agar tetap sehat dan dapat digunakan hingga tua nanti.

Apa sajakah tips menjaga kesehatan mata dari kebiasaan bekerja di depan laptop ?

  1. Biasakan untuk memberikan jarak  kisaran 60cm antara laptop/computer dan sejenisnya dengan jarak ke mata kita. Hal ini bertujuan untuk menjaga mata agar pancaran sinar tidak langsung dekat dengan mata kita sehingga mata akan tetap sehat dalam melakukan penglihatan.
  2. Atur kecerahan layar laptop dengan kecerahan yang standar, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Hal ini bertujuan agar mata kita tidak panas dan tidak buram dalam melihat benda lain setelah selesai melihat laptop tersebut, dan tidak menyebabkan pusing.
  3. Gunakan filter cahaya pada layar laptop untuk menghindari secara langsung radiasi yang timbul dan mata menjadi lebih redup dalam melihat.
  4. Pilihlan tempat dan ruangan yang terang / cahaya yang cukup saat menggunakan laptop/computer. Hal ini bertujuan agar mata tidak bekerja lebih berat dalam melakukan penglihatan.
  5. Atur waktu yang tidak terlalu lama didepan latop. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu istirahat bagi mata kita untuk melihat benda lain atau menutup mata untuk mengistirahatkannya dari benda-benda yang memiliki pancaran cahaya yang terang. Hal tersebut jika terbiasa dilakukan dapat merusak keseimbangan kerja mata, sehingga mata bisa menjadi minus.
  6. Konsumsi makanan atau minuman yang memiliki vitamin A untuk kesehatan mata seperti wortel . hal ini bertujuan untuk memberikan nutrisi mata karena digunakan untuk bekerja didepan laptop/computer dalam waktu yang rutin dan lama.

Tips berikut dapat mengurangi kerusakan mata kita dari hal-hal yang selama ini mungkin kita remehkan. Sebelum terlambat maka kesehatan mata haruslah kita jaga dan kita utamakan. Mata adalah nikmat yang luar biasa yang kita gunakan setiap saat, setiap hari dalam kehidupan ini. Tanpa mata kita tidak mampu membayangkan apa yang dapat kita lakukan tanpa mata kita yang sangat berharga ini.

Sayangilah mata kita….jagalah kesehatan mata kita…..

By: Dhika Amalia K/Dosen Manajemen Unida Gontor.

Web: http://mgt.unida.gontor.ac.id/

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *