Peraih juara umum lomba PERMATER

Berkegiatan sosial, Himpunan Mahasiswa Prodi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja lagi dan lagi mengadakan kegiatan yang tak kalah serunya. Acara tersebut adalah Lomba Pertolongan Pertama, Cerdas Cermat, dan Poster antar PMR Tingkat Wira Se-Karesidenan Madiun yang diadakan pada Ahad (Maret 2020) di Universitas Darussalam Gontor.

           Acara yang diadakan dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional ini berbasis Kepalangmerahan dan bertargetkan Siswa PMR Tingkat Wira se-Karesidenan Madiun. Dan perlombaan yang dikompetisikan ada 3 macam, Pertolongan Pertama, Cerdas Cermat, dan Poster Ilmiah. Acara ini  berkiblatkan acara yang pernah Prodi K3 adakan pada tahun 2018 yang lalu.

Ambisi anggota HMP D4 KKK UNIDA Gontor inilah yang sebenarnya merealisasikan acara tersebut, serta kerja keras mereka, dan semangat juang nan membara yang tak pernah padam, sehingga acara dapat berjalan sebagaimana semestinya. Bahkan terdapat beberapa instansi yang bersedia menjalin kerjasama sponsorship yaitu PT. WIKA Beton, PT. INKA Madiun, dan BPRS BDW.

“Kami sudah mempersiapkan ini jauh jauh hari, bahkan dari bulan Desember, Alhamdulillah acaranya berjalan lancar sesuai yang kami rencanakan,” ucap Yazil, selaku ketua panitia acara tersebut.

Pengarahan Lomba PERMATER

Pada acara yang dipartisipasi oleh 110 peserta masing-masing 11 Kontingen ini bertemakan dengan “RELAWAN MENJADI GARDA TERDEPAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN JIWA KEMAUSIAAN”.  “Pasalnya tema ini adalah doa dan harapan bahwasanya relawan adalah contoh utama dalam menjunjung jiwa kemanusiaan dengan semestinya” tutur Luqman, Ketua II panitia Lomba tersebut.

            Lomba Pertolongan Pertama beranggotakan 6 orang dalam setiap tim. Mereka diwajibkan memberikan simulasi dalam penanganan korban kecelakaan. Terlihat persaingan nilai skor dalam perlombaan ini sangat ketat, karena persiapan mereka yang benar benar matang. Pada perlombaan kali ini, juara diraih oleh SMAN 2 Ponorogo, SMAN 1 Badegan, dan SMAN 1 Ponorogo secara urut 1,2,3.

            Lomba Cerdas Cermat, beranggotakan 3 orang per tim. Lomba ini ditunjukan ketangkasan dan sejauh mana mereka memahami materi dari Modul yang telah ditentukan, yaitu Buku Pedoman Pertolongan Pertama edisi kedua cetakan tahun 2009 penerbit Markas Pusat Palang Merah Indonesia. Padalomba CC ini, juara diraih oleh SMK PGRI 1 Ponorogo ( I ) , SMAN 2 Ponorogo ( II, III ).

            Lomba Poster, beranggotakan 1 orang. Lomba ini ditunjukan untuk memicu kreativitas dan seni dari diri palang merah tersebut. Lomba poster  ilmiah ini menggunakan 3 tema, yaitu Bahaya Vapor, Safety Riding, Bahaya Bermain Gadget. Dalam perlombaan ini, juara diraih oleh SMK PGRI 1 Ponorogo ( I ) , SMKN 3 Madiun ( II ) , SMAN 1 Ponorogo ( III ) .            

Acara yang berlangsung dari pagi ini diakhiri dengan pembagian hadiah pada sore harinya. Juara umum yang ditentukan oleh jumlah skor dari ke 3 perlombaan yang diikuti tersebut diraih oleh SMK PGRI 1 Ponorogo, dimana pada lomba yang diadakan Prodi K3 2 tahun sebelumnya posisi ini belum berpindahtangan. Jumlah skor dari ke 3 perlombaan, 110 peserta. (Yasir Amri)

Berita Terkait : http://k3.unida.gontor.ac.id/2020/03/19/apa-sajakah-tips-menjaga-kesehatan-mata-dari-kebiasaan-bekerja-di-depan-laptop/

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *