Dosen K3 Ikuti Pelatihan Higiene Industri Muda

Ponorogo- Senin hingga Kamis, 2 – 5 Agustus 2021, dua dosen program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor mengikuti Pelatihan Higiene Industri Muda. Beliau adalah Wakil Dekan I Bidang Pendidikan, Eka Rosanti, S.ST., M.Si dan Kaprodi K3 yaitu Ratih Andhika Akbar Rahma, S.ST., M.Si. Pelatihan ini berlangsung selama empat hari berturut-turut, dimulai sejak pukul 08.00 hingga 16.30 WIB.

 

Higiene Industri Muda merupakan salah satu sertifikasi kompetensi yang perlu dimiliki oleh profesi di bidang K3. Profesi K3 yang dimaksud termasuk dosen K3, maupun praktisi K3. Kegiatan pelatihan diselenggarakan oleh penyedia jasa pelatihan ternama di Indonesia, PT. Phitagoras Global Duta. Pelatihan ini mendapatkan sertifikasi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). BNSP sendiri merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja.

Adapun materi-materi yang disampaikan selama pelatihan Higiene Industri Muda (HIMU) selama empat hari adalah sebagai berikut :

  1. Pengantar Higiene Industri
  2. Regulasi dan Kebijakan Kesehatan Kerja
  3. Bahaya Kesehatan di Tempat Kerja
  4. Program Higiene Industri
  5. Hazard Identification and Risk Assessment
  6. Teknik Sampling dan Pengukuran Risiko
  7. Alat Pelindung Diri
  8. Penyakit Akibat Kerja
  9. Promosi Bahaya Kesehatan di Industri
  10. Sistem Informasi dan Dokumentasi Higiene Industri
  11. Surveilans Kesehatan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja
  12. Advanced Human Factor Risk Assessment
  13. Manajemen Alat Pelindung Diri

Di akhir pelatihan, seluruh peserta mendapat tugas dan ujian (berupa soal-soal) untuk membuktikan kompetensi yang dimiliki. Adanya situasi pandemi seluruh kegiatan diadakan secara online atau daring (dalam jaringan), termasuk ujian maupun tugas, misal: membuat video peragaan pengukuran faktor bahaya di tempat kerja dan lain sebagainya. [AR]

error: