Kunjungan Industri Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Ke PT. Amerta Indah Otsuka

WhatsApp Image 2019-03-19 at 11.53.39

K3 News – Kunjungan industri merupakan agenda setiap semester Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam bentuk studi lapangan untuk menunjang wawasan mahasiswa. Di semester ini, kunjungan industri dilakukan di PT. Amerta Indah Otsuka-Pasuruan, Kamis (14/3/2019), sebagai penghasil produk Pocari Sweat, Ion Water, Soy Joy dan Oronamin C dengan produk minuman isotonik andalannya, yaitu “Pocari Sweat”.Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tingkat semester mahasiswa K3 kecuali, semester 8 atau biasa disebut semester akhir.

Pabrik ini adalah salah satu dari tiga lokasi pabrik di Indonesia. Sejarah PT. Amerta Indah Otsuka berawal pada tahun 1921 Busaburo Otsuka, putra seorang petani di tokushima mendirikan perusahaan pabrik kimia di tokushima, Jepang. Kemudian pada tahun 1946 Otsuka memulai pembuatan dan penjualan infus. Setahun kemudian, putra sulung Busaburo, Masahito Otsuka mengambil alih perusahaan. Di tahun 1964 Otsuka pharmaceutical co. Ltd secara resmi didirikan Dengan filosofi perusahaan, “Otsuka-people creating new products for better health worldwide”. Kemudian filosofi ini dijadikan sebagai filosofi perusahaan untuk seluruh Grup Otsuka.

Setelah memasuki lokasi pabrik, rombongan dari K3 diarahkan untuk sesi perfotoan didepan unit produksi Pocari Sweat, kemudian rombongan diarahkan ke lobby untuk diberikan minuman beserta pin berlogo Pocari Sweat dan dilanjutkan menuju ke dalam hall yang telah disiapkan oleh pihak peruhasaan. Setelah semua rombongan mendapatkan tempat duduk, mereka langsung disambut oleh kak Didi Pribadi. Setelah perkenalan dari kak Didi acara dilanjutkan dengan beberapa penjelasan mengenai filosofi logo, sejarah perusahaan, informasi perusahaan, denah pabrik, proses produksi, sampai manfaat cairan tubuh.

Acara dilanjutkan dengan perjalan ke unit produksi Soy Joy, selama perjalanan didalam unit produksi Soy Joy kak Didi menjelaskan tiap prosedur yang ada didalam pabrik tersebut dengan jelas sehingga para mahasiswa pun mudah mengerti, dikarenakan unit produksi Pocari Sweat sedang maintenance maka rombongan tidak diperbolehkan mengunjunginya

Setelah para mahasiswa mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir maka tibalah pada penghujung acara hari itu. Ibu Eka Rosanti selaku perwakilan dari rombongan mengucapkan terimakasih kepada PT. Amerta Indah Otsuka yang telah memberikan pengetahuan tambahan kepada para mahasiswa K3 mengenai lingkungan kerja, prosedur kerja dan fungsi penting dari cairan tubuh.

Berita Terkait : https://k3.unida.gontor.ac.id/2019/03/11/tingkatkan-kualitas-akademik-prodi-k3-unida-gontor-bekerjasama-dengan-upt-keselamatan-kerja-surabaya-adakan-workshop-pengelolaan-laboratorium/

error: