Mahasantri UNIDA GONTOR dalam acara karantina hafalan Al-qur’an dan buka puasa bersama dengan para dosen

WhatsApp Image 2019-03-31 at 11.12.19

Mahasiswa zaman NOW..!!!

Salah satu dari sekian banyak nikmat Allah SWT yang sangat besar atas umat-Nya yakni dengan diturunkannya mukjizat Al Quran melalui Nabi Muhammad SAW. Tak hanya itu, Allah SWT juga memudahkan umat-Nya untuk mempelajari dan menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an, tanpa terkecuali bagi anak usia dini, jadi tidak ada kata terlambat untuk kita menghafal dan teruntuk mahasiswa dengan tugas-tugas yang membebaninya, dari sisi lain al-qur’an bukanlah beban tapi akan membuat penghafalnya semakin ringan dalam menjalankan tugasnya karena, dalam konteks agama al-qur’an dapat membuat penghafalnya menjadi pribadi lebih baik dan cerdas. Maka dari itu UNIDA GONTOR mensyaratkan hafalan al-qur’an di setiap semesternya untuk dijadikan syarat untuk mengikuti ujian akhir semester (UAS) kami sebagai mahasiswa K3 yang identic dengan ilmu umum beruntung berada di UNIDA karena,disini kami bukan hanya belajar ilmu K3 saja tapi kita mendapatkan pembekalan agama salah satunya adalah bekal hafalan al-Qur’an.

Memiliki buah hati yang hafal Al-Qur’an tentu akan menjadi kebanggaan sendiri bagi para orang tua. Selain itu, keberkahan dari para penghafal Al-Qur’an juga turut meng-influence orang-orang di sekitarnya. Allah SWT pun menjanjikan banyak sekali manfaat bagi para penghafal Al-Qur’an baik yang nampak di dunia maupun sebagai ganjaran di akhirat.

Dalam membentuk anak menjadi generasi yang Qur’ani, diperlukan metode khusus yang sesuai dengan karakter, kemampuan, dan pola belajar anak. Berbekal pengetahuan tersebut, orang tua akan dapat take action dengan langkah yang hati-hati sekaligus dapat mengakomodir kebutuhan anak. Jangan sampai orang tua memaksakan diri sehingga membuat anak merasa terbebani. Dan pentingnya pengetahuan pentingnya hafalan al-Qur’an dari orang tua untuk anak-anaknya.

Untuk mewujudkan itu Prodi K3 UNIDA GONTOR mengadakan event  karantina hafalan al-Qur’an serta buka puasa bersama dengan bapak/ibu dosen progam studi k3 acara ini diharapkan mensuport mahasiswa dari semester 2 hingga semester 8 untuk lebih giat dalam hafalan dan meningkatkan solidaritas kekeluargaan antara mahasiswa dan dosen. Acara ini juga diharapkan dapat membantu mahasiswa k3 dapat setoran hafalan karena acara ini mengundang para muhafidh di setiap semester, karena acaranya adalah bukabersama jadi, mahasiswa k3 dituntut untuk puasa Sunnah hari senin, acara ini diselenggarakan di gedung shirroh universitas Darussalam Gontor dan dilaksanakan pada hari senin tanggal 18 maret 2019 daripukul 07:30 hingga 19:30.

Adapun beberapa perintah agama yang menjelaskan tentang puasa senin kamis menurut dalil;

Aisyah radhiyallahu ‘anha menceritakan,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالخَمِيس

Nabi shallallahu ‘alaihiwasallam biasa melakukan puasa di hari senin dan kamis. (HR. Turmudzi 745 dan dishahihkan Al-Albani).

Kemudian disebutkan dalam hadis dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, beliau menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam terbiasa puasa setiap senin dan kamis. Ketika beliau ditanya alasannya, beliau bersabda,

إِنَّ أَعْمَالَ الْعِبَادِ تُعْرَضُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ   

“Sesungguhnya amal para hamba dilaporkan (kepada Allah) setiap senin dan kamis.” (HR. Abu Daud 2436 dan dishahihkan Al-Albani).

Inilah yang menjadi alas an Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam merutinkan puasa senin dan kamis. Beliau ingin, ketika amal beliau dilaporkan, beliau dalam kondisi puasa.

Puasa, beberapa agama memiliki ajaran untuk menahan hawa nafsu atau yang disebut puasa. Puasa yaitu menahan segala sesuatu dari hawa nafsu atau yang bias membatalkan seperti makan, minum mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dari beberapa jenis puasa sunnah yang ada puasa sunnah senin kamis merupakan jenis puasa sunnah yang paling popular dan paling banyak diamalkan oleh umat islam. Puasa  sunnah senin kamis ini sebenarnya sama saja seperti puasa wajib di bulan romadhon seperti menyegerakan berbuka, mengakhirkan sahur serta larangan-larangannya namun yang membedakan tidak ada lafadz tertentu dalam niat puasa sunnah senin kamis diucapkan dalam hati saja sudah cukup. Bahkan rosulullah pun yang sudah dijamin masuk surge juga mengistiqomahkan untuk berpuasa senin kamis seperti sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a bahwa “Rosulullah saw biasa untuk memilih berpuasa senin kamis”

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kehidupan Dunia Dan Akhirat;

  • Puasa Senin Kamis Dapat Mendatangkan Ketenangan Haqiqi
  • Puasa Senin Kamis Membuat Tubuh Menjadi Awet Muda
  • Puasa Senin Kamis Dapat Meningkatkan Kecerdasan
  • Puasa Senin Kamis Dapat Menghindarkan Dari Siksa Api Neraka

Dan Alhamdulillah acara karantina hafalan al-Qur’an dan buka puasa bersama berjalan lancar dengan ditutup sarasehan mahasiswa bareng dosen-dosen yang baik dari prodi k3 Unida Gontor.

SALAM SAFETY..!!!

Berita terkait :

https://k3.unida.gontor.ac.id/2019/02/23/prodi-k3-adakan-kuliah-pakar-electrical-safety-in-workplace/

https://k3.unida.gontor.ac.id/2019/02/14/super-camp-menambah-keakraban-mahasiswa-k3-unida-gontor/

error: