PENGABDIAN MASYARAKAT “UNGGULAN”

Jakarta – 23 Februari 2021, diumumkan oleh Profesor Bambang P.S. Brodjonegoro, Ph.D., Menteri Riset dan Teknologi, bahwa Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) termasuk ke dalam 5 Besar Universitas dengan Program Pengabdian Masyarakat “Unggulan”. UNIDA menerima pendanaan atau hibah pada Bidang Pengabdian Masyarakat tahun anggaran 2020. UNIDA yang diwakili oleh Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Ilmu Kesehatan menginisiasi Rumah Simpan dan Bilas Pestisida yang diperuntukkan bagi kelompok petani di Desa Demangan, Siman – Ponorogo.

Pengabdian masyarakat dari Prodi K3 ini mengangkat tema Safety Farming. Tujuan  program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan perilaku aman dan sehat pada petani mengingat tingginya tingkat keracunan pestisida. Petani juga dibekali pengetahuan untuk dapat menerapkan Sistem Operasional Prosedur (SOP) penggunaan serta pengelolaan limbah botol bekas pestisida dan substitusi dengan pestisida organik.

Program ini telah berjalan satu tahun dan insyaallah akan masih berlangsung selama dua tahun ke depan. Salah  satu bagian dari program safety farming ini adalah Rumah Simpan dan Bilas Pestisida. Kelompok petani di Desa Demangan dapat menyimpan bahan-bahan pestisida yang digunakan selama bekerja. Selain itu, para petani dapat membilas diri dan pakaian yang terkontaminasi oleh pestisida. Di dalam rumah simpan bilas tersebut disediakan berbagai Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan untuk melindungi tubuh petani selama bekerja dan atau bersinggungan dengan pestisida.

Kedepannya, akan dilakukan monitoring dan pendampingan berjalannya seluruh rangkaian dari program safety farming di Desa Demangan, Siman – Ponorogo.

 

 

#IndonesiaMaju

#UNIDAUnggul

error: